Posted by : adiartanti setyono putri Rabu, 27 Mei 2015

   Guys kali ini beneran ya... gw mau bagiin tips buat kalian yang ingin wisata ke Jogjakarta berdasarkan pengalaman gw kemaren trip to Jogja (ada di postingan sebelumnya, baca ya..)  (o) 
  • Planning
         Ini penting guys, rencanakan tempat tujuan yang mau kalian datengin d Jogjakarta bisa searching2 d google dulu untuk mengkoordinasikan waktu dan pengeluaran (biar ga kalap disana)  ;-( kecuali kalo kalian niatan backpacker ya guys... Gw ama temen2 gw ngatur jadwal dan tempat yang bakal d datengin biar bisa ngatur keuangan buat patungan biar lebih hemat, juga buat atur waktu pergi dan kapan haru kembali  (b) soalnya tujuan kita tempatnya jauh2 dari wisma dan buat gw pribadi bisa dijadiin patokan perlengkapan apa aja yang memang harus dibawa, jadi ga terlalu bawa barang bawaan kan kalo ternyata ga kepake  :-) karena sayang banget kalo kita saltum pas foto2 di tempat wisata makanya harus dipikirkan ya guys.. kalo kalian ke pantai dan berniat nyebur maen2 aer pastiin jangan pake celana jeans pasir yang nempel d jeans susah dibersiin guys, dan kalo kena air lama2 bisa rusak n ga nyaman juga kan nyebur2 pake jeans? jangan juga pake dress/bahan yang terlalu longgar ya.. gamau kan baju kalian diterjang ombak dan di intip ikan2 di daratan? *eh  =)) cukup pake celana bahan katun dan atasan kaos aja ya,
  • Packing
          Jangan lupa persiapkan apa yang mau dibawa dan sangat diperlukan pas disana ya guys biasanya alat mandi ada aja yang ketinggalan kya temen gw  :o bawa aja dari rumah coz blum tentu disana kita bisa cepet nemuin minimarket atau yang lainnya, siapin juga baju seperlunya artinya jangan bawa baju berlebih kalo ga kepake, nambah2n beban dipundakmu aja kan?  ;( bawa baju dengan warna2 kalem guys kalo tujuan kalian buat maen ke tempat wisata alam, minimalisir baju kotor soalnya ga mungkin nyuci baju, buat cewe jangan lupa bawa dan pake pantyliner jangan lupa diganti, harus tetep bersih ya... bawa plastik besar atao kresek untuk baju kotor kamu, kalo ada baju yang masih bersih atao baru dipake sebentar, bisa digantung rapi di kamar buat dipake besok guys, itu lebih efisien, jangan bawa sepatu highhells guys, itu ga comfort banget untuk jalan2 menelusuri Jogja... bawa sandal sama sepatu flatshoes atau sepatu casual aja, trick dari gw untuk baju yang sdh disiapin per stel nya dari mulai daleman ampe kerudung gw satuin dan gw masukin plastik trus gw kasih tanda "day 1" itu biar ga bingung pas di sana dan ga harus mikir " sekarang gw pake baju yang mana?" cara itu juga bisa bikin isi tas km jadi lebih rapi dan teratur, untuk barang2 kecil sama juga diikat karet atau dimasukin ke plastik kecil atau pouch, untuk bekal makanan ga perlu beli banyak cemilan apalagi kalo naek kreta guys ga akan ke makan cz terlelap bobo  @-) alhasil dg cara gw itu gw cuma bawa satu tas gendong dan totebag isi makanan, tempat hp, hedset.. kalo jalan2 bisa pake totebag, dan tasnya bisa dsimpen di wisma ato mobil, pulangnya pun so simple karna totebag makanannya udah abis, di isi ama sedikit oleh2  (b)
  • Penginapan
       Kemaren atas rekomendasi salah satu temen, kita nginep di wisma ainard itu ada di Jl. Miliran, tempatnya di tengah2 antara stasiun lempuyangan dan stasiun tugu, tapi jaraknya lebih deket kalo dari stasiun lempuyangan, ini wismanya murah guys kisaran 100-250 rb/malam tergantung kapasitasnya (lebih banyak bisa udunan biar murah)  :)) , lumayan kalo buat rehat2 berhubung pas kita kesana  ac rusak sementara pakai kipas angin, kamar mandi di dalam, ada tv, tersedia air minum gratis dan boleh pake gelas atau sendok bisa buat nge"teh" pagi-pagi  (c) saran gw kalo tujuan wisata kalian ke pusat kota silahkan ya mampir di wiswa murmer ini tapi kalo tujuannya ke tempat lain gw saranin buat sewa penginapan di deket destinasi wisatanya banyak kok guys, biar ga kya gw pas kemaren  di Jogja di hari pertama, tujuannya bisa datengin 2 tempat wisata (goa pindul sama pantai indrayanti) tapi karna kemaleman dan tak tau arah akhirnya cape dijalan  ;( cuma keburu goa pindul aja
  • Kendaraan
         Berhubung ga ada jalur angkutan umum yang ngelewatin wismanya, jadi kalian bisa sewa kendaraan dari stasiun lempuyangan (mobil or motor) atau naek taksi/becak, kemaren kita naek taksi kapasitas 5 orang harganya 70rb ke wisma, taksinya tipe mobil avanza gt, nah kalo nyewa mobil kita sewa 3 hari per  harinya 300rb itu hasil negosiasi yang panjang dan berdarah-darah (lebay)  :>) kalo kalian niat buat pergi jauh dari pusat kota, gw saranin sewa kendaraan aja, kalo banyakan ya lebih murah sewa mobil, kalo motor 12 jamnya 100rb gataun kalo seharian, tapi kalo tujuannya ke pusat kota boleh pake becak aja atao naek taksi, kalo dari wisma ke malioboro 25rb harganya.
  • Makanan
      Makanan di Jogja murah2 guys gausah kuatir bakal kelaparan dan susah nyari makan disana dimana-mana banyak... banyak...  :) soal rasa menurut gw sih tergantung selera ya guys, menurut temen gw gudeg yang itu gudeg Yu Djum kita pas mau makan disana ga kebagian krna udah abis, tapi pas gw ngobrol ama anak Jogja di kereta dy bilang gudeg Yu Djum itu gaenak, intinya sih makanan Jogja khasnya manis ya jadi kalo ga begitu doyan manis mungkin rasanya biasa, gw pernah beli es kelapa muda di pinggir pantai, mbaknya nanya " mbak mau pake gula ama es ga?" gw bingung dan gw pikir itu becanda, gw jawab aja :" masa pake gula mbak?, gausah" gw sambil cengengesan, eh pas gw sruput sambil ngobrol glekkk gula putih ganjel di tenggorokan gara2 ga gw aduk... lah ini beneran toh pake gula ama es? sekalian aja pake buah2an  ama susu biar jadi sop buah  ;-( tapi itulah uniknya guys, sayangnya gw  jg ga sempet mampir ke angkringan padahal angkringan tempat makan paling asyik di Jogja buat para traveler, 
ini pas kita beli soto mau ke kalibiru, gw lupa tempatnya  ;( 
tapi perkedel kentangnya enak banget

  • Oleh-oleh
        Ke Jogja yang ga boleh di lewatin adalah.... titipan oleh-oleh  ;(( tapi tenang aja, buat kalian yang berbudget minim datanglah ke malioboro dan pasar bringharjo  =)) kalian bisa nawar2 sampai titik darah penghabisan, dan kalo malam minggu atao pas jam jam toko mau tutup suka ada diskon dadakan guys asyikkk... tapi hati2 ya ama dompet ato tas kalian, tasnya ditaro di depan atau bawa uang seperlunya dalem tas, gaperlu se dompet2 dibawa karna emang tempatnya desek-desekan banget, nah buat kalian para pecinta seni dan barang unik silahkan pergi ke toko mirota, masih di seputaran malioboro juga guys disana harganya juag murah tapi gabisa ditawar (yaiyalah namanya juga toko)  b-( kalo udah puas belanja dan kelaperan boleh mampir ke sebrangnya tuh guys.. ada pasar bring harjo.. disitu banyak yang jual makanan, pecel, nasi kucing, soto sama ga ketinggalan es dawetnya.. murah guysss murahhh dawet aja 4 ribuan  cheer
nah buat yang mau beli bakpia pathok gw saranin beli bakpia ayu guys, belum pernah denger kan? gw search d google buat cari penampakan kemasannya aja ga dapet guys  ;-(  memang ga dijual di toko2 besar dan industri rumahan gitu, gw juga yang tadinya ga niat beli oleh2 pas dateng ke tempatnya (tempatnya sekaligus jadi tempat pembuatan bakpia) gw disodorin bakpia rasa ubi yang baru di mateng, nyessss dimulut empuk banget masih anget guyssss maka nikmat mana lagi yang kau dusatakan  (p) tiap gw nanya "ini rasa apa mbok?" si mbok bilang "rasa coklat ini cobain masih anget" sambil nyodorin tester ahhhhh sedappp, harganya beragam sesuai rasa tapi yang beda rasa coklat dan keju aja guys itu agak mahalan dikit 18rb kalo rasa ubi, rasa kacang ijo, ketan dll 15ribuan aja, murah kan? mana bisa tahan guw.. akhirnya beli juga  :-d
alamat bakpia ayu : Jl. aipda ks tubun Jogja, nanti dari jalan gedenya parkir disana dan masuk kedalem ke rumah2 gitu.

    Segitu aja tips dari gw mudah2n manfaat yahhh... mdh2n bisa jalan2 lagi lain waktu jangan lupa share like plus comment  (p) byeee  :>)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © write papper - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -