Posted by : adiartanti setyono putri Minggu, 24 Mei 2015

   Destinasi hari ke 3 gw di Jogja merupakan hari terakhir gw nikmatin vacation di Jogja guys, tiket kereta dari stasiun Lempuyangan menuju Bandung berangkat pukul 12 siang, pagi-pagi kita packing dari wisma dan pamitan ke empunya wisma Ainard walaupun jarang ketemu di wisma karena kita pergi-pergian tapi mudah2n ini bukan akhir dari pertemuan kita ya Pakde (apaan sih -,-). Yupzz abis sungkeman (ciyee kek manten aje sungkeman) kita brangkat ke Tamansari, wisata air peninggalan kesultanan Jogja itu loh guys, dari area parkir mobil gw udah disambut ama warga setempat yang mau nganter-nganter kita blusukan ke area bangunan Tamansari sekaligus ngasih penjelasan tenatang sejarahnya bisa dibilang "tour guide" gt. Tapi sayangnya si Bapak satu ini kayaknya kurang fasih dan antusias terhadap sejarah guys, menurut gw sih kurang banyak yang bisa digali sejarahnya ato bisa jadi karna kurang fasihnya penggunaan bahasa indonesia jadi agak ragu2 gitu ngomongnya, beda sama "tour guide" sebelah yang antusias banget nyeritain sejarah sampe meragain saat perang xD, tapi so far so goodlah ya paa... makasih loh ya paaa :D. Tiket masuk  ke tamansari 3rb rupiah/orang.
  
   Nah itu penampakan diambil di gerbang pintu masuk ke Tamansarinya guys, tuh si bapak tour guidenya cengo dibelakang hihihi maaf ya paa nungguin... baru mau masuk aja udah selfie mulu, apalagi keliling ke dalem :D. 
   Contours bangunannya ada yang beberapa mengalami perubahan guys dikarenakan adanya gempa yang melanda Jogja beberapa taun yang lalu, tapi selebihnya masih asli dan berdiri kokoh, Tamansari ini terletak di kompleks kesultanan jadi rumah2 warga yang ada dipinggirnya merupakan cucu cicit udeg-udeg janggawareng abdi dalem yang sudah turun temurun jadi orang kepercayaan sultan. Bangunan Tamansari ini guys megah banget dan disetiap sudut ruangan ga ada yang useless semua ada manfaat dan maknanya, wah wah keren beuddd...
   Bentuk bangunannya banyak banget lorong2 guys, fungsinya untuk melindungi diri dari kejaran penjajahan jepang, dan bangunannya masuk ke bawah tanah sekaligus tempat persembunyian juga, nah gw lagi foto di salah satu tempat iconic di Tamansari guys, itu merupakan center untuk memberikan pengumuman atau mimbar ketika shalat Jum'at, dan tanpa speaker atau pengeras suara, suaranya bisa kedengeran ke makmum atau jemaah yang ada di pojokan loh guys, canggih ga tuhhh 0,0...
  


   Yang menarik dari lorong2 ini ada suatu tempat yang diantara lorong seperti ruangan kya kamar gitu yang dibatasi sama pintu besi, konon itu merupakan tempat semedi sultan, dan ketika Jepang mengejar sultan, sultan masuk keruangan itu dan ketika dihampiri sama tentara Jepang, Sultan tersebut menghilang, kaya ada ruang dimensi gitu guys disana emezinggg...
   Oiya sebernernya icon lain yang mendasari nama Tamansari sbg taman wisata air adalah kolam pemandian selirnya sultan guys, ada 3 kolam ditengah2 bangunan, tapi sayangnya ga ada dokumentasinya T.T baru nyadar pas mau posting.. gw cari2 kagak ada... , mungkin saking terkesima sama bapak tour guide kala itu @,@ hahaha mungkin karena mataharinya udah benderang gitu guys gw udah pengen cepet2 kluar dari sana, notice nih bukan kalian yg mau kesini harap dtg pagi2 jangan kesiangan kaya rombongan gw :( akibatnya kepanasan dengan kondisi bangunan kaya gt. Sebelum capcus jangan lupa ngasih uang ke bapak tour guide se ikhlasnya aja guys ga di patok mesti berapa kok ama bapaknya, dan itu udah termasuk parkir, alias free parking.
    Cekicek jam udah jam 10, ada yang belum beli oleh2? perut belum di isi? mesti balikin rentalan mobil? dan tiket berangkat jam 12? keburu ga yaaaaaa???? :s
   Gw posting kelanjutannya di post selanjutnya ya guys ada tips and trick buat kalian juga yg mau ke Jogja.....tunggu ya ^.^ seeeee yaaa

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © write papper - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -